Jumat, 13 Desember 2019

Dimulai dari Rumah [SDM Unggul, Indonesia Produktif]

     Bagiku, sebagai ibu rumah tangga yang full time membersamai anak, membentuk sumber daya manusia yang unggul itu dimulai dari rumah. Iya rumah, tempat beristirahat dari segala kegiatan di luar, bukan sesederhana yang terlihat, tapi juga tempat terbentuknya karakter kepribadian, keteraturan hidup, serta memenuhi hati-hati penghuninya dengan cinta dan kasih sayang.

      Dimulai dari membuat suasana rumah yang nyaman untuk berbagi apapun, kebahagian, keluh-kesah, kepenatan, impian, harapan, hingga membangun visi misi yang ingin dituju bersama. Ketika setiap anggota paham apa target yang ingin dicapai, maka prosesnya akan begitu bermakna di relung-relung jiwanya. Memupuk sedikit demi sedikit benih-benih unggul yang kelak membangun bangsa ini, khususnya di dalam pengembangan organisasi kadin (kamar dagang dan industri ) Indonesia 🇮🇩.


            Anak-anak yang masih di usia emas, sangat mudah merekam sekitarnya, pun dalam belajar, fitrahnya mereka begitu mudah dalam menangkap kebaikan. Contohnya saat saya mengajarkan anak-anak untuk tidak lagi memakai popok, prosesnya sudah dimulai saat mereka sudah bisa memberi tanda bahwa mereka tidak nyaman ada kotoran di tubuhnya meski didalam popok, fitrah mereka ingin bersih dan bahkan mungkin segera terbebas dari menggunakan popok. Jadi tugasku sebagai orang tua, memberikan pembiasaan untuk BAB dan BAK di toilet. Agar fitrah kebersihan mereka tetap terjaga. Maka dari sekecil itu pribadi unggul mulai dibentuk, pribadi-pribadi yang peduli dengan kebersihan dirinya dan kelak pada tanah air nya.



            Untuk menuju Indonesia yang produktif, diperlukan pemimpin yang unggul, dalam ranah rumah tangga sang suami lah yang menjadi nahkodanya, tanggung jawab yang diembanya banyak, salah satunya Jelas menopang ekonomi keluarga, yang lebih besar lagi menentukan visi misi keluarga yang terarah. Keberhasilannya dirumah akan banyak mempengaruhi  dan membentuk karakter hingga keberhasilannya dalam berkarir.

            Dilansir dari riset yang dilakukan  Thomas J. Stanley, ia memetakan seratus faktor yang mempengaruhi tingkat kesuksesan, berdasarkan survei terhadap 733 milioner di amerika. Berikut sepuluh faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang yaitu: kejujuran, disiplin, mudah bergaul, dukungan pendamping, kerja keras, kecintaan pada hal yang dikerjakan, kepemimpinan, kepribadian kompetitif, hidup teratur, dan kemampuan menjual ide. Menurut saya sebagian besar faktor tersebut, sangat memungkinkan untuk dilatih dan dikembangan dari dalam rumah. Tentunya dengan kerjasama yang baik antar anggota keluarga.

            Membahas tentang SDM Unggul untuk Indonesia yang produktif juga tidak akan terlepas dari pembentukan akhlak yang beradab, sejatinya pribadi unggul yang siap membangun Indonesia harusnya anak-anak bangsa yang mengharumkan negerinya dengan keindahan akhlak. Tak ayal lagi-lagi rumah menjadi bagian penting untuk cita-cita tersebut. Bagiku dalam soal akhlak ini para ibu sangat berpotensi dalam membantu memasukan nilai-nilai kebaikan pada diri anak-anak nya.  Sosok ibu yang Tangguh lagi penuh kasih sayang, akan memasukan contoh budi pekerti yang sepatutnya dilihat oleh anak-anak.
 
          Selanjutnya membentuk jiwa entrepreneur sedari kecil, tak perlu menunggu masa sekolah untuk mengajarkan anak-anak berwira usaha, para orang tua sudah mulai bisa menanamkan pribadi yang berdaya saing dan berkeadialan. Misalnya pembagian tugas kakak adik dalam membuat camilan sehat atau crafting, dan kemudian hasilnya dijual saat ada acara besar keluarga. Hal-hal sederhana, namun dapat menumbuhkan jiwa berwirausaha mereka. Harapan kedepannya Kadin Indonesia dapat memulai program untuk membuka wawasan bagi para ibu maupun anak-anak sejak dini tentang industri perdagangan secara global, sehingga imajinasi dan kreatifitas akan tumbuh sedini mungkin. 

            Ada kalanya peran ibu terasa begitu memberatkan, belum lagi pandangan negatif dari sebagian orang yang mungkin cukup menggangu, padahal peran ini adalah lini pertahanan, lini krusial, dari awal terbentuknya SDM unggul. Rasanya ingin kusampaikan kepada pada ibunda diseluruh Indonesia :
“Duhai para ibu dimanapun engkau berada,
berbahagialah, peranmu sungguh sangat penting untuk bangasa ini,
berbahagialah karena engkau pantas berbahagia atas semua jerih payahmu untuk kebaikan bangsa ini.
Berbahagialah, takperlu risau akan komentar orang lain,karena sungguh Hanya tuhanlah sebaik-baiknya yang akan membalas semua pengabdianmu.”

Teruntuk Kadin Indonesia, semoga selalu berkembang lagi amanah.
Teruntuk para ibu, tombak SDM Unggul untuk Indonesia produktif.
Dari seorang ibu, yang berusaha untuk selalu berbahagia.

N.A Shinta

1 komentar:

  1. 3-Iron Iron-Line Spinning Diamonds | TITanium
    Spinning Diamonds are a titanium wedding ring popular gold jewelry brand from TINORE, Australia. You ford escape titanium for sale can titanium easy flux 125 amp welder purchase a few of these high quality, premium diamonds today. Rating: 4.7 · ‎5,292 infiniti pro rainbow titanium flat iron reviews · ‎A$26.00 · titanium i phone case ‎In stock

    BalasHapus

Write your comment here...